Manfaat Asuransi dan Kenapa Harus Punya Asuransi

Jika Anda termasuk orang-orang yang manjawab "Saya tidak berminat ikut asuransi. Maaf ya..", itu berarti Anda belum atau tidak tahu manfaat asuransi bagi diri Anda, properti ataupun keluarga Anda. Ingat, bahwa perjalanan hidup ini tidak selalu mulus. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi pada diri kita nanti, besok atau yang akan datang?

Begitu banyak kesempatan dimana kita dihadapkan pada kejadian yang membuat kita mengalami kerugian, dari sakit, bencana, hingga kematian. Berbagai resiko tersbeut tidak tahu kapan datangnya. Apalagi, ketika kita tidak punya uang simpanan atau pegangan, bisa-bisa kita bisa jatuh dalam kebangkrutan.

Kita tidak bisa menghindari dari resiko, tapi kita bisa mengalihkan resiko tersebut ke pihak lain non-bank, yaitu perusahaan asuransi. Pada dasarnya, merekalah yang akan menanggung resiko tersebut. Nah, untuk mendapatkan fasilitas tersebut, kita diwajibkan membayar berupa premi secara rutin.

Itulah sekilas tentang faedah asuransi yang bisa kita rasakan. Di luar itu, masih ada alasan kenapa kita harus ikut asuransi. Mereka yang belum berasuransi umumnya menjawab tidak tertarik atau hanya menambah pengeluaran bulanan saja. Apa benar demikian?


Yakin Tidak Mau Punya Asuransi?

Pada dasarnya, semua orang dan apapun yang Anda miliki perlu asuransi. Keselamatan Anda, properti, pendidikan hingga bisnis yang Anda miliki perlu asuransi. Mengapa?

Sedia Payung Sebelum Hujan

manfaat asuransi
Karena kejadian tak terduga dan cenderung merugikan keuangan kita tidak bisa kita ketahui kapan terjadi. Kita bisa jatuh sakit nanti siang, atau tiba-tiba rumah yang kita huni kemalingan atau terbakar. Hingga, pabrik atau tempat bisnis kita terjadi kebakaran atau kerusakan parah karena bencana alam.

Bisa kita bayangkan berapa banyak biaya harus kita tanggung ketika itu terjadi. Keuangan kita akan jebol jika tidak ada yang meng-cover semua biaya pengobatan, kerusakan hingga kematian. Tapi, dengan asuransi, semua biaya sudah ada yang menanggung. Rasa khawatir akan hilang dan kita terhindar dari resiko kebangkrutan finansial. Inilah kegunaan asuransi yang paling utama kita rasakan.

Selebihnya, kerugian yang kita alami bisa diturunkan seminimal mungkin. Misalnya saja, Anda memiliki satu unit rumah. Karena rumah Anda cukup luas, Anda juga menyewakan kamar untuk kost mahasiswa yang kamarnya berada di banguan tersendiri. Untuk proteksi, Anda mengasuransikan rumah Anda dan segala macam isinya.

Nah, suatu ketika, terjadi kebakaran hebat yang diakibatkan oleh gas elpiji di rumah Anda. Anda akan mendapatkan cover biaya dari penyedia layanan jasa asuransi yang Anda ikuti. Namun, jika kebakaran tersebut terjadi pada kamar-kamar kos yang tidak Anda asuransikan, Anda bisa bayangkan berapa kerugian yang harus Anda alami. 

Selain kehilangan bangunan, Anda juga harus menanggung kerugian yang dialami mahasiswa yang menghuni kamar kos. Dari sini, terlihat jelas betapa untungnya berasuransi. 

Melatih Disipin Menabung



displin menabung dengan asuransi
Pada dasarnya, asuransi adalah investasi. Manfaatnya hanya bisa dirasakan di waktu yang akan datang. Namun, ini bukan investasi bodong yang akan merugikan Anda. Karena asuransi mewajibkan Anda membayar premi, secara tidak langsung Anda akan terlatih menabung/berinvestasi secara teratur. 

Membayar premi menjadi pengeluaran rutin yang harus dilakukan tiap bulan. Ingat, premi ini bukanlah uang yang akan hilang ketika sudah dibayarkan, melainkan tabungan atau investasi Anda saat kejadian-kejadian yang tidak menguntungkan terjadi kepada Anda.

Memberi Rasa Aman dan Damai

Memikirkan risiko-risiko yang bisa terjadi kapan saja bisa membuat kita pusing dan stress. Bisa kita bayangkan berapa dana yang harus kita keluarkan bila risiko tersebut benar-benar menghampiri kita. Tidak ada seorangpun yang akan menolong kita.

Namun, dengan asuransi, kita tidak perlu memikirkan siapa yang akan menolong atau berapa dana yang harus kita tanggung. Perusahaan asuransi sudah meng-cover. Hari-hari kitapun jauh dari pusing dan stress karena memikirkan hal-hal tersebut. Inilah keuntungan asuransi dari sisi psikis kita. Hidup kita akan lebih teratur dan mampu merancang masa depan kita.

Mau Manfaat Asuransi? Kenali Jenisnya Dulu

Uraian di atas paling tidak bisa menggambarkan manfaat asuransi secara umum. Nah, kalau Anda menginginkannya, sudah saatnya Anda merencanakan jenis asuransi yang Anda butuhkan karena pada dasarnya, manfaat asuransi tergantung pada jenisnya. Masing-masing memiliki keuntungan spesifik untuk Anda, keluarga atau properti yang Anda miliki.

Dana Kematian untuk Orang Ketiga dengan Asuransi Jiwa

Kita tidak tahu kapan kematian datang, tapi datangnya akan membawa dampak kepada keluarga seperti suami, istri hingga anak. Nah, tujuan asuransi ini adalah untuk kepentingan pihak ketiga. Misalnya, seorang istri yang membeli asuransi jiwa berharap asuransi tersebut memberikan kegunaan kepadanya setelah suaminya meninggal.

Faedah asuransi bisa juga dirasakan sang anak. Lewat asuransi jiwa, ayah atau ibu mengasuransikan dirinya terhadap kematian anak, begitu pula sebaliknya.

Perlindungan dari Biaya Sakit Hingga Kematian dengan Asuransi Kesehatan


Produk asuransi yang satu ini secara khusus meng-cover segala biaya yang harus ditanggung anggota asuransi karena cedera, sakit, cacat, hingga kematian yang disebabkan oleh kecelakaan. Mengingat datangnya sakit atau kematian tidak bisa kita tentukan dan biayanya yang tidak sedikit, asuransi kesehatan menjadi salah satu primadona produk asuransi yang diminati banyak orang.

Proteksi Kerusakan dan Kehilangan Kendaraan dengan Asuransi Kendaraan

Dari jenis kendaraan yang ada, mobil adalah yang paling banyak diasuransikan. Keuntungan asuransi yang satu ini adalah Anda sebagai pemilik kendaraan yang tertanggung akan mendapatkan perlindungan jika kendaraan Anda mengalami kerusakan hingga kehilangan. 

Kerusakan bisa dipicu oleh kecelakaan dimana Anda terlibat di dalamnya baik itu sebagai pihak yang bersalah atau tidak, hingga kejatuhan sesuatu atau kerusakan karena bencana alam. Keamanan tempat tinggal kita yang kurang terjamin menjadi alasan tersendiri kenapa kita perlu membeli asuransi kendaraan.

Begitu kita menjadi anggota, kerugian dan kerusakan kendaraan kita akan dibayar oleh perusahaan asuransi. Bayangkan jika kita tidak mengasuransikan kendaraan kita, berapa biaya yang harus kita keluarkan. Beberapa kebijakan asuransi tertentu tidak menanggung semua kerugian seperti pada kasusu kerusakan mobil yang amat parah, atau ketika biaya perbaikan mobil dan pengobatan rumah sakit melebihi ketentuan pada kesepakatan. Meskipun demikian, produk asuransi ini tetap menguntungkan dan bermanfaat.

Perlindungan Terhadap Kerusakan Properti dan Kehilangan Barang dengan Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Ilustrasi yang diberikan di awal artikel merupakan salah satu manfaat asuransi yang Anda dapatkan jika Anda menjadi anggota asuransi kepemilikan rumah dan properti. Kerugian yang Anda derita terkait denga properti dan tempat tinggal Anda akan terlindungi oleh asuransi termasuk barang di dalam rumah yang hilang atau mengalami kerusakan. Anda akan merasakan ringannya beban Anda jika hal-hal seperti kebakaran atau pencurian terjadi pada properti dan tempat tinggal Anda.

Untuk Kehidupan Lebih Baik dengan Asuransi Pendidikan

Sebagai orang tua, pasti menginginkan anaknya memperoleh pendidikan yang lebih baik dari orang tua. Nah, solusi terbaik saat ini adalah dengan asuransi pendidikan. Dengan menjadi anggota, Anda turut memastikan anak Anda memperoleh kehidupan di masa depan yang lebih cerah. Besaran premi ditentukan oleh seberapa tinggi pendidikan yang Anda inginkan dari anak Anda.

Perlindungan Usaha dan Propertinya dengan Asuransi Bisnis

Memiliki bisnis tanpa proteksi sama saja menunggu kerugian yang pasti datang. Berbagai bencana bisa datang dari kebakaran, kerusakan karena bencana seperti gempa, petir, hujan dan tabrakan hingga kerusuhan. Kerugian yang Anda alami pasti tidak sedikit, karena itu Anda perlu membeli asuransi bisnis, perlindungan bagi usaha Anda.

Keenam jenis asuransi di atas disediakan oleh banyak perusahaan asuransi. Masih ada banyak jenis lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi, alangkah baiknya jika Anda memahami beberapa istilah yang berkaitan dengan asuransi. Ini penting karena membeli polis asuransi tidak seperti membeli barang, melainkan jasa. Istilah-istilah ini akan membantu Anda dalam memahani produk lengkap dengan detail-detail kesepakatan, cakupan dan cara-cara mengajukan klaim asuransi. 

Sehingga, kita bisa merasakan besarnya manfaat asuransi.
Istilah-istilah tersebut antara lain:

Proposal Asuransi
Di dalamnya mencakup berbagai keuntungan asuransi termasuk manfaat uang yang akan Anda terima. Termasuk pula besaran premi asuransi serta syarat-syarat pokok pertanggungan. Dalam konteks asuransi, proposal ini disebut quotation dan bersifat tidak mengikat.

Polis
Disebut juga kontrak polis, di dalamnya mencakup perjanjian antara penyedia asuransi (perusahaan asuransi) dan pemegang asuransi, dan dokumen-dokumen penting lain. Semuanya tidak bisa dipisangkan sebagai satu kesatuan.

Undewriting
Saat Anda mengajukan proposal, maka perusahaan akan menilai. Nah, proses penilaian apakan proposal calon peserta diterima atau ditolak disebut sebagai undewriting.

Tertanggung dan Penanggung
Jika Anda membeli asuransi, maka Anda adalah tertanggung, bisa secara pribadi atau kelompok. Sedangkah, penanggung adalah perusahaan asuransi, yang menyediakan perlindungan kepada Anda lewat perjanjian dalam kontrak.

Premi
Di artikel, sudah disebutkan beberapa kali mengenai premi. Premi merupakan sejumlah uang yang harus Anda bayarkan sebagai pihak tertanggung kepada penyedia asuransi (penanggung) susuai kontrak. Premi sifatnya wajib agar polis Anda tetap bermanfaat dan aktif.

Manfaat Tambahan
Sering disebut rider, manfaat tambahan merupakan manfaat yang bisa Anda terima selain program dasar. Misalnya, Anda membeli asuransi jiwa dan didalamnya ada rider tentang pemerian bantuan. Dalam asuransi rumah, misalnya, Anda mendapatkan bantua berupa pertanggungan karena huru-hara. Rider ditawarkan kepada tertanggung untuk memberikan perlindungan yang lebih dengan biaya lebih terjangkau.

Uang Pertanggungan
Disebut sum assured, merupakan sejumlah uang yang Anda terima selaku tertanggung dari pihak perusahaan asuransi (penanggung) atas kerugian finansial yang terjadi pada Anda seperti yang disebutkan dalam polis.

Klaim Asuransi
Merupakan permintaan tertanggung kepada penyedia asuransi (penanggung) untuk meminta (meng-klaim) pembayaran sesuai perjanjian dalam polis. Penanggung terlebih dahulu akan meninjau klaim atas validitas kejadian, kemudian membayar sesuai kontrak di dalam polis yang telah disepakati.

Ada beberapa istilah-istilah lain yang harus Anda ketahui sebagai tertanggung seperti masa tenggang, nilai tunai, hingga polis aktif atau non aktif. Asuransi memang cukup rumit, dan ada yang memilih untuk menyewa seorang broker asuransi agar Anda tidak perlu repot-repot memikirkan detail polis. Hanya saja, menyewa broker mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang lebih.

Apapun keputusan Anda, yang pasti, produk asuransi yang Anda beli akan memberikan manfaat bagi Anda di masa depan. Kerugian-kerugian akan di-cover oleh penyedia asuransi sehingga Anda terhindar dari masalah finansial atas kehilangan atau kerusakan. Pilihlah penyedia asuransi yang memiliki track record yang baik sehingga manfaat asuransi-nya bisa Anda rasakan sepenuhnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Asuransi dan Pengertian Asuransi